Brand HP yang Tidak di jual di Indonesia Meski Terkenal di Dunia – Brand HP aztec gems pragmatic play yang dijual Indonesia hanya ada beberapa Brand seperti Samsung, iPhone, Xiaomi, Realme, Oppo, Vivo, Infinix dan yang terbaru iQOO. Sebenarnya masih banyak Brand HP yang yang ada di dunia. Brand hp yang tidak dijual di Indonesia, tetapi sangat laku di negara lain. Antara lain merupakan Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN hingga 35 persen. Untuk memenuhi syarat ini, mayoritas brand di atas sudah merakit gadget mereka di Indonesia.

Berikut brand HP tidak dijual di Indonesia:

Google Pixel

Google terkenal dengan brand HP Google Pixel. Beberapa alasan kenapa Pixel tidak masuk indonesia yang dijual secara resmi. Seperti yang sudah di beritakan, Pixel memiliki teknologi bernama Motion Sense yang bekerja seperti radar dan fitur ini di sebut-sebut sebagai alasan mengapa gadget ini tak di terima di beberapa negara. Sementara itu, spektrum yang di gunakan fitur tersebut adalah 60 GHz. Di beberapa negara, pita frekuensi ini tidak bisa di manfaatkan oleh publik. Motion Sense juga menggunakan teknologi biometric authentication yang di beberapa negara tidak di izinkan untuk di gunakan secara luas.

Sony

Sony, raksasa elektronik Jepang, pernah menjadi salah satu pemain utama pasar gadget Indonesia dengan berbagai produk termasuk jajaran Xperia. Tetapi di sekitar 2016, Brand ini tiba-tiba pergi meninggalkan Indonesia. Memang Indonesia seperti Brasil, India dan China – negara-negara dengan pasar HP terbesar dunia – lebih berminat pada gadget murah ketimbang yang berkualitas. Sementara Sony, dengan gadget yang punya kualitas tinggi dan sering kali kurang kaya fitur, di jual dengan harga lebih mahal. Sony hanya punya dua pilihan: turunkan harga atau cabut dari pasar utama. Sony telah memilih untuk pergi dari Indonesia.

Motorola dan Lenovo

Pada awal bumingnya gadget pintar, Motorola sempat mengeluarkan beberapa produk andalan mereka. Akan tetapi semakin lama, produk-produk buatan perusahaan tersebut hilang seperti di telan zaman. Di Indonesia Lenovo dan Motorola sempat berjaya, tetapi hengkang pada 2018 silam. Persaingan yang ketat dengan sesama pemain dari Tiongkok membuat Brand ini memilih mundur.

OnePlus

Sama seperti Sony, OnePlus juga pernah mencoba peruntungan di Indonesia. Tetapi akhirnya mundur pada 2016 karena tidak mampu mematuhi aturan TKDN dari pemerintah. OnePlus di kenal sebagai HP dengan kualitas tinggi.

Baca juga : Pasar Indonesia di Kuasai Beberapa Merk HP

LG

LG adalah satu-satunya rekan Samsung asal Korea Selatan yang pernah berkiprah di Indonesia. Sayang, Brand ini mundur dari Tanah Air pada 2018 lalu. Alasannya adalah persaingan yang terlalu ketat dan LG tidak mampu bertarung di Indonesia, tetapi juga di kancah global. Brand ini memutuskan untuk keluar dari bisnis HP pada 2021.